Prediksi Jerman vs Rusia: Harapkan Akhir Tahun yang Manis

JawaPos.com – Timnas Jerman ingin segera menuntaskan tahun 2018. Bagaimana tidak. Untuk kali pertama dalam sejarah, Die Mannschaft kalah 6 kali dari 11 pertandingan tahun ini. Dua diantaranya diderita di fase grup Piala Dunia 2018 yang membuat mereka berpredikat juru kunci dan gagal lolos ke fase knock-out.

Kini, ada dua pertandingan tersisa di tahun 2018 bagi Manuel Neuer dkk yang harus mereka menangkan demi meminimalkan aib yang terjadi selama 2018. Yakni uji coba melawan Rusia, Jumat (16/11) dini hari nanti dan menghadapi Belanda di UEFA Nations League (20/11).

“Kami pede bisa tampil solid di dua pertandingan itu. Ya, kami ingin menyelesaikan tahun yang buruk ini dengan performa penutup positif,” papar Neuer seperti dilansir DW.

Pernyataan kiper 32 tahun tersebut dituntut pembuktian. Sebab, dari 11 laga tahun ini, gawang kampiun Piala Dunia 4 kali itu hanya sekali clean sheet. Itu pun ketika mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Prancis pada lanjutan Nations League (7/9).

Memang, bobroknya performa lini belakang Jerman bukan semata kesalahan Neuer. Namun, kiper Bayern Muenchen itu adalah kapten tim. Selain kepada pelatih Joachim Loew, beban penampilan Jerman ada di pundaknya.

Bahkan, bukan tidak mungkin andai kembali buruk di dua pertandingan ke depan, ban kapten Neuer bisa dicopot memasuki tahun baru. Apalagi, bila menilik tren sejak 1990, Jerman tidak berprestasi bila kapten dijabat kiper.

“Anda akan melihat pemain muda bakal unjuk gigi (di dua laga, Red). Melawan Rusia, kami siap membuktikan semuanya,” timpal winger Leroy Sane yang sempat terbuang di skuad Piala Dunia 2018.

Personil Manchester City tersebut juga menyinggung pensiunnya playmaker Mesut Oezil sebagai salah satu hal yang membuat atmosfer di Jerman berbeda. Gelandang Arsenal itu memutuskan pensiun dari Jerman setelah Piala Dunia karena menjadi kambing hitam oleh DFB seiring kegagalan di Rusia.

Selain Sane, ada lagi penggawa muda yang siap meledak di dua laga sisa. Salah satunya adalah striker Timo Werner. Bahkan, dia optimistis bisa menyapu bersih dua pertandingan tersebut.

Dan, motivasi bomber RB Leipzig itu berlipat ganda untuk dini hari nanti karena laga digeber di Red Bull Arena, markas Leipzig. Di stadion yang sama pula striker 22 tahun tersebut mendapat panggilan kali pertama bersama Jerman tahun lalu.

“Memang, melawan Belanda lebih penting. Tapi, menghadapi Rusia bisa menjadi momentum kami menyongsong Belanda dan mendapat hasil positif,” ungkapnya.

Perkiraan Susunan Pemain
Jerman (4-2-3-1): 1-Neuer (g); 2-Kehrer, 16-Ruediger, 15-Suele, 14-Schulz; 18-Kimmich, 8-Kroos; 10-Brandt, 13-Mueller, 19-Sane; 9-Werner
Pelatih: Joachim Loew

Rusia (4-3-2-1): 12-Lunyov (g); 23-Raausch, 3-Neustaedter, 14-Dzhikiya, 13-Kudryashov; 11-Zobnin, 8-Gazinsky (c), 21-Yerokhin; 15-Miranchuk, 7-Kuzyayev; 18-Poloz
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Wasit: Sandro Scharer (Swiss)
Stadion: Red Bull Arena, Leipzig

Prediksi JawaPos.com
Jerman Menang: 37%
Rusia Menang: 34%
Seri: 29%

(io)